Ketentuan Garansi

Halaman ini menjelaskan tentang aturan main garansi produk Bibitbunga.id


 

Khusus produk benih kami tidak memberikan garansi pasti tumbuh karena ada banyak sekali faktor luar yang mempengaruhi tumbuh tidaknya benih. Yang masuk dalam jaminan adalah benih dikirim dalam keadaan baik, tidak rusak, dan tidak expired. Tumbuh tidaknya benih selain dari faktor intrinsik (faktor bawaan dalam benih), yang paling berperan adalah faktor dari si penanam. Perlakuan terhadap benih sangat penting menentukan tumbuh tidaknya tanaman tersebut. Oleh karena itu, kami menyediakan wadah konsultasi ataupun sharing bagi Anda, berupa forum berkebun & tanaman, www.kebunpedia.com. Disana Anda dapat belajar bagaimana menanam benih yang baik sesuai dengan spesifikasi tanamannnya, dan juga bagaimana kondisi syarat tumbuh serta perawatan tanaman yang sudah tumbuh.


 

Sedangkan untuk tanaman hidup, kami memberikan garansi hidup tanaman sampai 14 hari sejak diterima oleh customer (jika tidak ada kelengahan dari pihak customer). Lebih jelasnya kami jabarkan sebagai berikut:

Anda dapat mengklaim garansi jika:

  • Tanaman mati dalam 14 hari, terhitung sejak tanggal tanaman diterima
  • Tanaman yang diterima beda species atau varietas dengan yang dibeli, dan ini berlaku seumur hidup. Misalnya pesan mawar hitam tapi ketika berbunga ternyata mawar putih, maka kami akan kirim ulang tanpa biaya tambahan
  • Tanaman sampai dalam kondisi rusak >50%, atau patah dan tidak bisa tumbuh

Garansi tidak dapat diklaim atau hangus jika:

  • Pembeli salah menulis alamat sehingga mengakibatkan paket terlambat sampai
  • Pembeli tidak mengikuti instruksi pindah tanam & merawat yang benar
  • Pembeli lalai dalam menjaga tanaman, misalnya jatuh, dirusak binatang, diuji coba tanam secara hidroponik, lupa disiram, dan lain sebagainya
  • Pembeli tidak dapat menunjukkan foto tanaman yang mati dan tidak dapat menjelaskan secara terperinci kematian tanamannya

Perlu diperhatikan juga:

  1. Garansi hanya berlaku 1x dalam 1 order ID
  2. Garansi tanaman mati meliputi 100% nilai tanaman tersebut, namun tidak termasuk ongkos kirim (pembeli yang menanggung ongkos kirim garansinya)
  3. Garansi tidak berlaku hanya jika terjadi layu, daun kering, gugur daun bahkan rontok, tetapi bagian tanaman masih hijau. Tanaman dinyatakan mati apabila bagian luar dan bagian dalam tanaman sudah kering.
  4. Garansi hanya dapat diklaim melalui sistem email, bukan melalui SMS/BBM/Whatsapp/Line. Proses garansi adalah dengan mengirim email ke support@bibitbunga.com dan menyertakan data sebagai berikut:
    – Order ID
    – Nama tanaman yang diklaim garansinya
    – Foto tanaman yang menunjukkan mati dan kerusakan
    – Tiap foto diberi jelas nama tanamannya agar bisa kami analisa
    – Tanggal tanaman diterima
    – Kronologi dan penjelasan tentang kondisi tanaman sampai akhirnya mati atau rusak